Andi Arief
Wasekjen DPP Partai Demokrat, Andi Arief.

Inisiatifnews – Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Andi Arief menduga bahwa Presiden Joko Widodo akan tetap menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tengang KPK.

“Menurut saya Pak Jokowi akan mengeluarkan Perppu KPK dakam waktu dekat,” kata Andi Arief dalam kicauannya, Jumat (4/10/2019).

Hanya saja ia yakin bahwa poin-poin yang ada di dalam Perppu KPK tersebut pasti akan tetap ada yang kontra karena merasa tidak terpuaskan dengan regulasi itu.

“Namun isi Perppu belum tentu memuaskan,” ujarnya.

Betapapun itu, Andi Arief menilai bahwa penerbitan Perppu KPK oleh Jokowi adalah untuk menunjukkan bahwa pemerintah peka terhadap tuntutan rakyat.

“Tapi ini konsesi pertama buat tuntutan yang luas yang sudah menjadi movement,” tandasnya.

Perlu diketahui bahwa banyak pihak yang menentang adanya revisi UU KPK oleh DPR RI bersama pemerintah melalui perwakilannya dari Kemenkum HAM dan KemenPAR-RB.

Meskipun mendapatkan penolakan, namun revisi terhadap UU nomor 30 tahun 2002 itu tetap saja direvisi. Kondisi ini membuat ada desakan baru yakni peninjauan materil UU ke Mahkamah Konstitusi (MK), dan ada yang mendesak Presiden Jokowi menerbitkan Perppu untuk meralat poin-poin di dalam revisi UU KPK itu. []

space iklan