Inisiatifnews – KTT ke-35 di Bangkok, Thailand, menghasilkan sejumlah keputusan yang penting bagi kemajuan dan keamanan kawasan ASEAN. Namun di tengah agenda formal dan penting ini, ada sejumlah momen yang menarik dan berkesan.

Momen menarik tersebut adalah ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) dua kali meninggalkan kursi khusus pemimpin-pemimpin negara ASEAN pada forum resmi KTT Bangkok.

Pertama, Presiden Jokowi sempat meninggalkan forum resmi East Asian Summit yang berlangsung pukul 13.30 hingga 16.30, Senin (04/11/2019) siang.

Presiden beranjak meninggalkan ruangan forum resmi dan penting itu sekitar pukul 14.20. Rupanya, Presiden Jokowi pamit untuk menunaikan Salat Dzuhur.

Karena kursi presiden tidak diperkenankan kosong saat Summit, serta kursi pimpinan negara harus diisi oleh anggota delegasi senior, akhirnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang menggantikannya.

“Presiden Jokowi tiba-tiba keluar ruangan untuk Salat Dzuhur, pamit kepada Saya. “Saya mau Salat dulu”. Jadilah Saya duduk di kursi Presiden selama sekitar 15 menit,” kata Mahfud MD menirukan perkataan Presiden Jokowi.

Kedua kalinya, Presiden Jokowi tidak mengikuti rangkaian upacara penutupan yang berlangsung malam ini. Sebab Presiden mesti segera menuju bandara untuk bertolak ke Tanah Air. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini pun kembali ditunjuk Presiden Jokowi untuk menduduki kursi kehormatan presiden pada acara penutupan. (RMS)

space iklan