narendra modi
Perdana Menteri India, Narendra Modi usai terpilih kembali dalam Pemilu. [foto : Narendra Modi]

Inisiatifnews – Perdana Menteri India, Narendra Modi berhasil memenangkan pemilu sebagai petahana. Kemenangan itu dianggap sebagai sebuah prestasi dan pencapaian besar bagi Partai Bharatiya Janata (BJP) untuk melenggangkan calon yang mereka usung menjadi 2 periode.

Di hadapan para pendukungnya di New Delhi dimana kantor partainya berada, Modi menyebutkan bahwa kemenangannya tersebut adalah bagian dari ekspektasi masa depan masyarakat India yang lebih baik lagi.

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

“Saya ingin menundukkan kepala di hadapan 1,3 miliar orang di negara ini,” kata Modi kepada kerumunan pendukung yang bersorak pada Kamis (23/5/2019) malam.

Dan Modi juga menyebutkan bahwa kemenangan dirinya kali ini adalah murni kemenangan dari seluruh rakyat India.

“Pemilihan ini sedang diperjuangkan oleh rakyat. Jika ada yang menang, itu adalah India. Kami mendedikasikan kemenangan ini untuk rakyat India,” ujarnya.

Kemenangan Narendra Modi tersebut juga diakui oleh lawan politiknya, yakni Rahul Gandhi. Dimana ketika menyampaikan pidatonya, Rahul menyebutkan bahwa hasil pemilu di India menunjukkan bahwa rakyat telah memilih Narendra Modi sebagai pemimpin mereka kembali.

“Rakyat India telah memutuskan bahwa Narendra Modi akan menjadi Perdana Menteri berikutnya,” kata Rahul.

Dapat ucapan selamat dari Trump

Kemenangan Modi ini juga mendapatkan respon dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Melalui akun twitternya, Trump menyampaikan selamat kepada Modi yang akhirnya bisa terpilih kembali oleh rakyat.

Bahkan Trump pun menilai kemenangan Modi ini akan kembali melanjutkan kerjasama yang baik antara Amerika Serikat dan India.

“Saya berharap untuk melanjutkan pekerjaan penting kita bersama!,” tulis Trump di akun twitternya @realDonaldTrump.

Mendapati ucapan selamat dari pemimpin negara sahabatnya itu, Modi pun menyebutkan kepada Trump bahwa kemenangan dirinya adalah pilihan 1,3 miliar rakyatnya di India.

“Kemenangan ini mewakili cita-cita bangsa, 1,3 miliar orang,” sambung Modi.

Dan ajakan untuk terus menjalin kerjasama yang baik dari Trump itu, Modi pun menegaskan bahwa India akan tetap melanjutkan kerjasama bilateral yang sudah dibangun oleh kedua negara tersebut dan akan lebih ditingkatkan lagi khususnya dalam urusan bagaimana menjaga perdamaian dunia.

“Saya juga berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk hubungan bilateral yang lebih dekat, yang juga menjanjikan perdamaian dan kemakmuran global,” tutupnya.

Saling ucapkan selamat antara Modi dan Jokowi

Melalui akun twitternya pula, Modi juga menyempatkan untuk mengucapkan selamat kepada Joko Widodo karena telah menjadi pemenang dalam Pemilu 2019 di Indonesia.

“Selamat untuk @jokowi atas pemilihan ulang Anda! Sebagai dua negara demokrasi besar, kami bangga atas keberhasilan perayaan demokrasi,” tulis @narendramodi.

Ketua Umum partai BJP tersebut juga mendoakan agar Indonesia akan semakin baik lagi di bawah kepemimpinan Jokowi.

“Kami berharap Anda dan rakyat Indonesia semua sukses di bawah kepemimpinan dinamis Anda,” sambungnya.

Dan Modi juga mengajak agar Jokowi sebagai Presiden Indonesia tetap menjaga hubungan bilateral yang baik dengan India.

“Saat negara kita menandai tujuh dekade hubungan diplomatik kita, saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk semakin memperdalam Kemitraan Strategis Komprehensif bilateral kami,” imbuh Modi.

Sesama sahabat yang juga sama-sama memenangkan pemilu sebagai petahana, Jokowi pun mengucapkan terima kasih atas ucapan Modi tersebut. Dan ia menyatakan hubugan bilateral yang baik antara Indonesia dengan India akan tetap terjaga.

“Terima kasih PM @narendramodi untuk ucapan yang baik. Saya juga berharap untuk terus memperkuat kemitraan antara kedua negara kita di masa depan,” balas Jokowi di akun twitternya @jokowi.

[RED]

space iklan