Inisiatifnews – Sekretaris Jenderal Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Riyan Hidayat menilai, bahwa lahirnya Pancasila merupakan hasil kerja keras para Pendiri bangsa guna adanya pondasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Riyan memandang bahwa dalam perjalanannya pengimplementasian Pancasila cenderung dinamis dan menyesuaikan suatu kepemimpinan negara berjalan. Hanya saja ia menekankan apapun yang terjadi terhadap sebuah rezim tersebut tidak boleh pula dibarengi dengan rasa pesimisme.

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

“Dalam perjalanannya hingga saat ini, kita melihat implementasi Pancasila di setiap rezim cenderung dinamis sesuai dengan rezim yang saat itu berkuasa. Tetapi yang lebih penting dari itu semua, bahwa Pancasila tidak boleh kehilangan sifat dan jati diri yang membuat kita kemudian pesimis,” kata Riyan dalam diskusi bertemakan “Implementasi Pancasila sebagai Alat Pemersatu Bangsa” yang dilaksanakan di Hotel Sofyan Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (1/6/2019).

Selain itu sebagai generasi muda, Riyan menilai dinamika yang bermunculan pasca Pemilu 2019 merupakan produknya para orangtua.

Dan ia pun mewanti-wanti kepada para generasi muda untuk tidak terlalu hanyut dalam dinamika sosial politik yang ada, apalagi ketika tensi politik justru tengah memanas seperti yang terjadi dewasa ini

“Jadi kita ga usah ikut-ikut ribut. Kita mesti banyak belajar untuk tidak gampang terbawa suasana politik yang terus memanas,” ungkapnya.

[NOE]

space iklan