Fahri hamzah
Fahri Hamzah

Inisiatifnews – Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi), ormas besutan politisi senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta dan Fahri Hamzah, mau berubah menjadi partai politik.
 
Untuk diketahui, Garbi adalah ormas yang tumbuh di tubuh Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kelahiran oramas ini dibidani oleh sejumlah sks elite partai dakwah ini, seperti Anis Matta, Fahri Hamzah, Mahfudz Siddiq, Jazuli Juwaini, Sukamta, Mahfudz Abdurahman hingga almarhum Taufik Ridlo.
 
Setelah hampir setahun berdiri, ormas yang dideklarasikan di Bali pertengahan tahun lalu saat ramai-ramainya Pilpres ini disebut akan menjadi partai politik. Kepastian ini diungkapkan dua pendirinya, Anis Matta dan Fahri Hamzah.
 
Fahri menyebut, berubahnya ormas yang gencar deklrasi di berbagai daerah menjadi parpol merupakan aspirasi simpatisan Garbi selama setahun terakhir.

“Ada gerakan pemikiran yang telah dimulai oleh Garbi di seluruh Indonesia itu bisa kita teruskan menjadi sebuah gerakan politik berbentuk sebuah partai politik,” kata Fahri kepada wartawan di Jakarta, kemarin.
 
Sebagai parpol, Garbi menawarkan kebaruan, yakni keluar dari eksklusifisme. Garbi akan lebih terbuka dengan kelompok manapun selama mempunyai kesamaan dengan pandangan.
 
“Kami tidak mau apa namanya basis itu berdasar pada politik aliran tradisional. Garbi melintas batas kepada siapa saja yang menyepakati cara berpikir yang ditawarkan,” tandas Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.
 
Soal kepastian tanggal deklarasi menjadi Parpol, Fahri belum menyebutkannya. Ia cuman bilang, tinggal menunggu waktu. “Akhirnya disepakati dalam pembicaraan-pembicaraan yang belum kita formalkan, sehingga tinggal menunggu waktu kapan kita formalisasi dibentuk parpol,” ujarnya.
 
Jumat pekan lalu, saat acara Ngopi (Ngobrol Pintar) Demokrasi, yang digelar Garbi Bali, di Hotel Harris, Jalan Cokroaminoto, Denpasar, pendiri Garbi lainnya, Anis Matta juga mengungkapkan, Garbi kemungkinan bakal menjadi parpol.

“Gerakan pemikiran tidak boleh berhenti, dia harus dilanjutkan dengan gerakan politik karena itu Insyaallah Garbi kelak akan bermetamorfosis menjadi gerakan politik,” kata Anis Matta.
 
Malah, Anis bilang, Garbi ibarat startup di dunia politik. Lantas, kapan Garbi dideklarasikan jadi partai politik?

Insya Allah, mungkin tahun depan mungkin bisa lebih cepat. Garbi ini kalau nanti berubah jadi partai politik ibarat startup,” katanya.
 
Bagi Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, berubahnya Garbi menjadi parpol bukan ancaman bagi PKS.
 
“Negara demokrasi ini boleh siapa saja. Di PKS tuh keluar gampang, masuk susah, karena ikut kaderisasi dulu. Kalau mau bikin partai ya welcome to the jungle. Tapi pesannya, bikin partai itu berat, kami saja dah, kayak Dilan ya,” kata Mardani di Kompleks Parlemen, Jakarta, kemarin.
 
PKS, kata Mardani, punya mekanisme pertahanan diri untuk melindungi basis massa loyalnya tidak beralih mendukung parpol lain, termasuk Garbi.

“Kalau mereka mau buat monggo, tapi kalau mau mengambil punya PKS, PKS punya mekanisme pertahanan diri,” yakinnya. (FMM)

space iklan