Cyrus Network
Managing Director Cyrus Network Eko Dafid Afianto saat paparkan hasil surveinya di Ashley Hotel, Cikini, Jakarta. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews – Lembaga survei nasional Cyrus Network merilis hasil penelitian lapangannya terkait persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan Pemilu Serentak 2019. Hasilnya, sebanyak 90 persen responden menganggap Pemilu 2019 berjalan jujur dan adil.

“Hasilnya Sekitar 90 persen responden menyatakan Pileg berlangsung jujur dan adil. Dan 88 persen responden menyatakan Pilpres berlangsung jujur dan adil,” kata Managing Director Cyrus Network Eko Dafid Afianto dalam jumpa pers di Hotel Ashley, Jalan KH Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019).

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Eko menyatakan bahwa hasil dari survei Cyrus itu didapat dari sejumlah pertanyaan. Beberapa diantara pertanyaan itu yakni indikasi kecurangan pada saat hari H Pemilu.

“Apakah dari sekian banyak responden melihat secara langsung kecurangan? Ternyata hanya 0,1 persen yang mengaku melihat langsung proses kecurangan dan bisa menyebutkan rin i kejadiannya,” terangnya.

“Sementara isu ketidaknetralan aparat pemerintah hanya sekitar 10 persen masyarakat yang menganggap lembaga pemerintahan tidak netral, sebab sebanyak 89 persen respinden menganggap KPU netral, 91 persen Bawaslu netral, 91 persen Polisi dianggal netral dan yang paling tinggi TNI dianggap 95 persen responden netral,” papar Eko.

Eko pun menegaskan bahwa pihaknya melakukan survei dengan metodelogi yabg sesuai. Yakni, melakukan survei selama satu minggu, mulai tanggal 22 – 28 Juli 2019. Responden yang diambil sampelnya sebanyak 1.230 orang dari 34 Provinsi.

“Tingkat kepercayaan survei ini sebesar 95 persen dengan margin of error kurang lebih 3 persen,” dia menambahkan. []

space iklan