Prabowo Monoarfa
Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto saat terima kunjungan Ketua Umum DPP PPP, Suharso Manoarfa di Jl Kertanegara Nomor IV, Kebayoran Baru, Jaksel.

Inisiatifnews – Pengamat politik dari Indopolling Network, Wempy Hadir menilai bahwa kehadiran Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Manoarfa ke kediaman Prabowo Subianto bisa dibaca dalam dua hal.

Menurut Wempy, pertama bisa saja pertemuan tersebut membahas tentang komposisi MPR RI. 

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Sebagai partai dengan perolehan kursi DPR RI terbanyak ketiga, tentu Prabowo mempunyai posisi tawar yang tinggi untuk menduduki posisi tersebut.

“Oleh sebab itu, maka peru dilakukan komunikasi dengan berbagai partai politik agar pada saat pemilihan ketua MPR RI nanti sudah mempunyai kesepahaman,” kata Wempy di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Baca juga :  Presiden Minta RKUHP Ditunda, Gerindra Setuju, PKS Tidak

Direktur Indo Polling Network ini menambahkan, yang kedua, bisa saja kehadiran ketua umum PPP sebagai tugas yang diembankan oleh Jokowi.

“Tujuannya untuk melakukan komunikasi terkait dengan pembagian peran dalam kekuasaan ketika Gerindra masuk dalam koalisi,” jelas Wempy.

Wempy belum tahu bahwa apakah kehadiran ketua umum PPP itu merupakan pembawa pesan dari presiden atau bukan. 

Baca juga :  Presiden Minta RKUHP Ditunda, Gerindra Setuju, PKS Tidak

“Jangan-jangan ini merupakan langkah politik yang dilakukan oleh PPP untuk bekerjasama dengan Gerindra untuk hal yang jangka pendek, bukan bicara hal yang sifatnya jangka panjang,” jelas Wempy.

Jadi kalau dilihat secara politik, hal tersebut bukan merupakan perintah dari partai koalisi. Sebab kalau merujuk kepada pernyataan Jokowi bahwa komposisi kabinet sudah rampung. 

“Bisa disimpulkan bahwa kehadiran PPP hanya urusan politik internal PPP,” imbuh Wempy. []

space iklan