bahasa indonesia
Ilustrasi

Inisiatifnews – Presiden Joko Widodo dikabarkan telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia. Dalam Perpres yang disahkan pada tanggal 30 September 2019 itu memberikan amanat, bahwa bahasa Indonesia menjadi bahasa wajib diterapkan dalam kegiatan kenegaraan yang bersifat nasional maupun internasional di dalam negeri.

“Menurut Perpres ini, Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam forum yang bersifat nasional atau forum yang bersifat internasional di Indonesia, yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah dan/atau masyarakat, baik dengan dukungan maupun tanpa dukungan pihak asing,” tulis Negara di dalam situs resmi Sekretariat Kabinet (Setkab.go.id) yang dikutip oleh Inisiatifnews.com, Rabu (9/10/2019).

Lantas bagaimana bagi warga negara asing dalam forum nasional maupun internasional di dalam negeri. Dalam keterangan dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Istana, bahwa mereka dipersilahkan pula menggunakan bahasa mereka masing-masing seperti bahasa inggris. Hanya saja penyelenggara kegiatan wajib untuk menyediakan penerjemah bahasa.

“Dalam forum yang bersifat internasional sebagaimana dimaksud, menurut Perpres ini, warga negara asing dapat menggunakan Bahasa asing dan penyelenggara wajib menyediakan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia,” lanjutnya.

Tidak hanya dalam forum di dalam negeri saja. Di dalam Perpres tersebut dijelaskan bahwa komunikasi bilateral juga akan menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantarnya baik itu di dalam komunikasi lisan maupun tulisan. Dan dalam situasi tersebut, penerjemah akan terus didampingkan untuk menjaga kelancaran komunikasi.

“Komunikasi resmi dengan lembaga internasional atau lembaga negara asing di lingkungan kerja pemerintah dan swasta dapat menggunakan penerjemah untuk membantu kelancaran komunikasi,” bunyi Pasal 29 Perpres ini.

Perlu diketahui, bahwa aturan-aturan di dalam penggunaan bahasa Indonesia pernah diatur di dalam Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2010 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Pidato Resmi Presiden dan/atau Wakil Presiden serta Pejabat Negara Lainnya. Namun karena adanya penerbitan Perpres Nomor 63 Tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia, maka regulasi sebelumnya telah dicabut. []

space iklan