Hendropriyono
Eks Kepala BIN, AM Hendropriyono. [foto : Istimewa]

Inisiatifnews – Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto menyampaikan bahwa menghormati jasa-jasa para pahlawan adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh seluruh generasi penerus bangsa.

Apalagi ia menyampaikan bahwa menghormati jasa para pahlawan kemerdekaan adalah bukti bahwa sebuah bangsa itu besar.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghormati pahlawan-pahlawannya. Tidak ada bangsa lain yang akan menghormati pahlawan kita,” ujar Prabowo di peresmian patung Jenderal Soedirman di kawasan kediaman AM. Hendropriyono di Turusan, Banyuraden, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Minggu (10/11/2019).

“Jangan kita bermimpi bangsa lain akan hormat kepada pahlawan kita. Kita merdeka karena pengorbanan pahlawan kita dan terutama contoh teladan yang diberikan oleh Panglima Besar Sudirman adalah sangat sangat luar biasa,” imbuhnya.

Mantan Komandan Komando Pasukan Khusus (Kopasus) TNI AD itu mengajak para hadiri untuk bersama-sama merenung, bahwa seandainya dalam perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia Jenderal Sudirman menyerah kepada para penjajah dari negara asing, bagaimana nasib bangsa Indonesia saat ini.

“Bisa bayangkan atau tidak kalau Panglima TNI pertama kita menyerah kepada musuh? Bayangkan foto-foto lukisan-lukisan dalam sejarah bangsa lain adanya panglima tentara nasional Indonesia menyerah kepada Belanda kepada Inggris ?,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Prabowo Subianto menyatakan, bahwa Jenderal Sudirman adalah sosok pahlawan pejuang kemerdekaan yang tanpa sedikitpun menyerah hingga akhir hayatnya.

“(Jenderal Sudirman) menjadi suri tauladan, mereka para generasi pembebas sungguh-sungguh sangat berarti bagi penerus penerusnya,” tutur Prabowo.

Terakhir, purnawirawan TNI AD itu menyampaikan rasa bangga terhadap mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono yang mau membangun patung Jenderal Sudirman untuk mengingat perjuangan besar pejuang kemerdekaan itu.

“Saya karena itu, menilai luar biasa inisiatif Jenderal TNI Hendropriyono yang membangun patung Jenderal Sudirman ini untuk mengingatkan kita pada jasa-jasa pahlawan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu sejumlah tokoh hadir. Mulai dari eks kepala BIN Hendropriyono, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, Gubernur DIY Sultan HB X, Rektor UGM Panut Mulyono.

Hadir juga eks Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafi’i Maarif serta Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat. []

space iklan