NVIDIA
Logo NVIDIA.

Inisiatifnews – Perkembangan dunia bisnis teknologi memang semakin keras saja. Salah satunya adalah bagaimana sebuah perusahaan teknologi mampu memanjakan para penggunanya sehingga mereka tidak hanya terkesan dengan akselerasinya melainkan juga bagaimana kebutuhan mereka dapat terpenuhi, salah satunya adalah perusahaan produsen kartu grafis Nvidia.

Dikutip dari TechChrunch, bahwa dalam konferensi pers di Taipei sehari sebelum Computex 2019 dimulai, Nvidia mengumumkan jajaran laptop baru yang akan menjalankan unit pemrosesan grafis (GPU) RTX, serta platform perangkat lunak baru yang disebut Studio, dengan Software Development Kit (SDK) dan driver untuk membuat rendering gambar dan kebutuhan pekerjaan lain para penggunanya bisa lebih cepat.

space iklan
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Unit ini ditargetkan untuk para profesional kreatif, seperti editor video, fotografer dan desainer grafis. Tujuan utamanya adalah bagaimana mereka bisa bersaing dengan MacBook Pro 15 inci yang dirilis oleh Apple.

Manajer utama perangkat lunak dan teknologi GeForce di Nvidia, Jason Paul, mengklaim bahwa GPU RTX yang akan disupport dalam beberapa laptop keluaran baru tersebut akan menjadi alat bantu yang sangat mumpuni bagi para pelanggannya, khususnya dalah urusan pemrosesan artificial intelligence (AI) dan melakukan edit video dengan resolusi tinggi.

“NVIDIA Studio memasangkan GPU RTX, yang memungkinkan penelusuran sinar waktu nyata, pemrosesan AI, dan pengeditan video resolusi tinggi, dengan perangkat lunak tingkat studio untuk melampaui permintaan yang berkembang dari produsen saat ini,” ujar Jason, Senin (27/5/2019).

Seri ini akan mencakup tujuh belas laptop yang dibuat oleh mitra manufaktur Nvidia. Beberapa diantaranya adalah Acer, ASUS, Dell, Gigabyte, HP, MSI, dan Razer.

Setidaknya akan ada 17 laptop yang siap dilengkapi dengan Quadro RTX 5000, 4000 atau 3000 GPU atau GeForce RTX 2080, 2070 dan 2060 GPU. Nvidia mengklaim mereka dapat melakukan hingga tujuh kali lebih cepat daripada MacBook Pro.

Laptop studio dengan GPU Quadro RTX 5000 akan memiliki memori grafis 16GB, dan beberapa perangkat juga akan memiliki layar 4K serta teknologi Max-Q Nvidia sehingga membuat laptop tetap tipis dan ringan.

Nvidia Studio suite mencakup platform CUDA-X AI untuk mengotomatisasi tugas-tugas seperti video yang sesuai warna atau menandai foto.

Rencananya, laptop-laptop yang didukung dengan grafik memori Nvidia tersebut akan mulai dijual pada bulan Juni, dengan harga mulai $ 1.599 atau sekitar Rp22,9 juta.

space iklan