Ilustrasi

Inisiatifnews – Hari ini webiste resmi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tumbang akibat ulah peretas (hacker) yang berhasil menerobos keamanan website tersebut.

Peretas yang meninggalkan jejak bernama Hacked by Security007 itu menuliskan beberapa celah keamanan di website milik pemerintah ini. Yakni port database 3306. Celah keamanan ini yang diduga menjadi jalan masuk peretas melakukan serangan sibernya itu.

Selain memberitahukan port celah keamanan website Kemendari.go.id, peretas juga menuliskan keterangan “Your File is Mine”, dan diberikan gambar tabur bunga nisan RIP KPK di depan gedung Merah Putih.

Kemudian, peretas juga menuliskan sebuah pesan khusus, yakni peringatan bahwa para pemimpin adalah orang-orang yang digaji oleh rakyat.

“Kau itu pemimpin. Yang gaji kau itu kami. Seharusnya kau menuruti apa keinginan kami, bukan keinginan mereka yang berdasi,” tulis pesan peretas dalam serangan deface itu.

Tampilan deface situs Kemendagri.

Mendagri Tjahjo Kumolo sudah mengetahui hal ini. Ia mengaku langsung berkoordinasi dengan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Sekretariat Jenderal Pengelola Aplikasi/Teknologi Website.

“Untuk konten isi website humas puspen kami koordinasi dengan Kominfo, BSSN dan Siber Polri,” kata Tjahjo dalam keterangan tertulisnya kepada pers, Minggu (22/9/2019).

Dan sampai saat ini ini 04.53 WIB hari Senin (23/9/2019), website https://www.kemendagri.go.id/ masih belum dapat diakses sama sekali. []

space iklan