Bangganya Presiden Jokowi Buka PON XX di Papua

  • Whatsapp
Jokowi
Presiden Joko Widodo.

Inisiatifnews.com – Presiden Joko Widodo mengaku sangat bangga saat membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) yang ke XX sekaligus Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) yang ke XVI.

Apalagi acara pembukaan tersebut digelar di stadion kebanggaan rakyat Papua dengan kapasitas daya tampung luar biasa.

Bacaan Lainnya

“Malam ini, saya berdiri dengan rasa bangga di Tanah Papua, membuka PON XX di stadion baru nan megah berkapasitas 40.000 penonton,” kata Presiden Jokowi, Sabtu (2/10) malam.

Bagi Kepala Negara itu, stadion Lukas Enembe bisa menjadi batu loncatan kemajuan Papua di kemudian hari.

“Stadion ini juga salah satu simbol kemajuan Papua, selain infrastruktur yang telah terbangun di mana-mana dan pengembangan SDM Papua,” ujarnya.

Kemudian, orang nomor satu di Republik Indonesia itu menyatakan, bahwa ajang PON XX ini bisa menjadi bukti bahwa Papua siap bersaing di kancah dunia.

“PON ini menunjukkan kesiapan masyarakat Papua menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional,” tandasnya.

Lebih dari itu, Presiden Jokowi menegaskan bahwa PON XX ini adalah bukti bahwa Papua adalah sama dengan wilayah-wilayah lain di penjuru nusantara ini. Ada nilai kesetaraan dan upaya kemajuan bersama dalam bingkai keindonesiaan.

“PON ini juga adalah panggung persaudaraan, kesetaraan, dan keadilan untuk maju dan sejahtera bersama dalam bingkai NKRI,” tegasnya.

Terakhir, Presiden pun meminta agar seluruh bangsa Indonesia tanpa terkecuali untuk mendukung PON XX berjalan aman, lancar dan sukses. Sekaligus seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan nanti tetap menghasilkan juara yang pantas dibanggakan.

“Mari, kita merayakan PON XX ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, serta kebersamaan, kesetaraan, dan persatuan dan kesatuan bangsa,” pungkasnya.

Pos terkait