mahfud md, ichwan zein
Mahfud MD bersama anak sulungnya Mohammad Ikhwan Zein. [foto : instagram/mohmahfudmd]

Inisiatifnews – Beginilah cara Mahfud MD menyampaikan rasa bangganya kepada anak sulungnya yakni Ichwan Zein. Ia bahkan mengungkapkan jika waktu seperti cepat sekali berlalu dimana Ichwan kecil dimomongnya sampai bisa menjadi orang hebat seperti saat ini.

“Rasanya baru kemarin pagi anak sulungku, Ichwan Zein, dilahirkan. Rasanya baru kemarin saya menggendong-gendong dia ke masjid untuk belajar salat berjamaah. Rasanya baru kemarin saya mengundangkan guru ngaji Qur’an dia ke rumah. Kini dia minta pamit untuk belajar di Program S3/Ph.D ke Belanda untuk belajar bidang Kedokteran Olahraga,” kata Mahfud di akun instagram pribadinya @mohmahfudmd, Minggu (14/4/2019).

Kemudian Mahfud menilai bahwa anak sulungnya itu adalah tipikal orang yang memiliki prinsip hidupnya sendiri. Bahkan apa yang diarahkannya soal kejuruan pendidikan, anaknya itu pun selalu memilih jalannya sendiri hingga saat ini.

“Sejak lepas SMA anak saya ini selalu memilih sekolahnya sendiri. Ketika saya minta masuk ke Fakultas Hukum dia memilih Fakultas Kedokteran di UGM. Ketika akan mengambil dokter spesialis saya menyuruh dia mengambil dokter spesialis penyakit dalam tapi dia memilih menjadi dokter spesialis Olahraga di UI,” terangnya.

Baca juga :  Naik Kereta Bandung-Jakarta, Mahfud MD: Tak Kalah Dengan Kereta Jepang

Waktu yang panjang namun dirasanya sangat singkat itu, Mahfud juga merasa senang ketika dari anak sulungnya itu dirinya saat ini sudah dikarunai cucu. Inilah kebanggaan dirinya sebagai seorang kakek.

“Dia, tanpa terasa melalui waktu yang panjang, sudah memberi seorang cucu kepada saya,” pungkasnya.

Sementara itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini pun merasa bangga dengan Ichwan Zein yang selama ini tidak pernah mau berpijak dengan bayangan nama besar keluarganya termasuk namanya pun tidak diungkap secara luwes ke permukaan. Hal ini kata Mahfud, lantaran sang anak sulung ingin sukses dengan caranya sendiri dan kemampuannya sendiri tanpa orang lain harus melihatnya karena seorang anak Mahfud MD.

“Sebenarnya sejak di SMA dia tak pernah memberitahu, dia itu anaknya siapa karena, katanya, ingin berjuang tanpa bayang-bayang nama orang tua. Tetapi saat di LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan -red) dia tak bisa menyembunyikan CV-nya sehingga didaulat untuk mendatangkan saya guna memberi pembekalan,” papar Mahfud.

Di postingan instagramnya itu, tampak memang Mahfud sedang memberikan pengarahan didampingi sang putra sulungnya itu. Terkait dengan gambar itu, Mahfud memberitahukan bahwa itu adalah momentum dimana dirinya diundang oleh penyelenggara dari LPDP melalui Ichwan Zein untuk memberikan pembekalan kepada para peserta.

Baca juga :  Wacana Presiden Satu Periode 8 Tahun, Ini Penjelasan Mahfud MD

“Ini foto saya dan Ichwan ketika saya memberi pembekalan di depan angkatan 142 LPDP. Dan ketika dia bergabung dengan teman-teman seangkatannya di LPDP untuk pembekalan, dia diminta untuk mendatangkan saya agar memberi pembekalan kepada mereka tentang Ideologi Negara dan Wawasan Kebangsaan,” jelasnya.

“Saya pun datang melaksanakan perintah anak saya tanggal 10 April 2019 kemarin,” imbuhnya.

Saat ini Ichwan sang putra sulung sudah terbang ke Belanda untuk mengejar ilmu yang ingin ditekuninya itu.

Dan Mahfud pun berpesan kepada Ichwan Zein dan seluruh anak bangsa yang menempuh pendidikan di luar negeri agar tidak lupa bahwa tujuan mereka adalah menyerap ilmu sebanyak-banyaknya untuk dijadikan bekal membangun Indonesia lebih baik di masa depan.

“Terbanglah sampai jauh untuk mencari bekal ilmu, hai putera puteri Indonesia, kemudian kembalilah mengabdi kepada bangsa dan negaramu,” seru Mahfud.

“Indonesia adalah negara merdeka, engkau boleh bermimpi dan boleh berusaha untuk meraih mimpi-mimpimu. Ichwan, anakku, terbanglah engkau bersama teman-temanmu tetapi jangan sampai terlepas imanmu,” tutupnya.