Webinar MMD Initiative, Pandemi Harus Jadi Momentum Perubahan Kebijakan Ekonomi Pro Pemerataan

Webinar bertajuk Ekonomi dan Politik, Pandemi Sebagai Momentum Perubahan Kebijakan Ekonomi Pro Pemerataan yang digelar MMD Initiative, Sabtu (26/6/21).

Investasi Harus Serap Banyak Tenaga Kerja

Sedangkan Edy Suandi Hamid, Ekonom yang juga Rektor Universitas Widya Mataram Yogyakarta menilai, cara agar segera bangkit salah satunya adalah invetasi harus diarahkan kepada sektor yang menciptakan banyak lapangan kerja. Sebab selama ini, banyak investasi masuk, namun tenaga kerja yang terserap hanya sedikit. “Pertumbuhan harus berkualitas. Investasi wajib yang pro employment,” tambahnya.

Bacaan Lainnya

Direktur MMD Initiative Asmai Ishak dalam sambutannya menyebut, perekonomian Indonesia masih berpijak pada pertumbuhan, ketimbang pada pemerataan ekonomi dan hanya berpihak pada sekelompok masyarakat tertentu. Gini ratio semakin buruk. Kesenjangan antara si kaya dan si miskin semakin melebar.

“Besarkan pengusaha kecil, tetapi tidak membuat pengusaha besar menjadi kecil. Pandemi Covid-19 belum mereda, ada momentum perubahan arah kebijakan ekonomi nasional yang lebih pro pemerataan. Butuh cara pandang out of the box. Semoga diskusi ini dapat menambah wawasan kita dan memberi tambahan alternatif untuk pemerintah dalam merumuskan kebijakan perekonomian,” tandasnya. (INI)

Pos terkait