NasionalMahfud MD Sebut Ende Jadi Lokasi Kristalisasi Pancasila oleh Bung Karno

Mahfud MD Sebut Ende Jadi Lokasi Kristalisasi Pancasila oleh Bung Karno

ENDE, Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengatakan bahwa Ende adalah tempat bersejarah yang sangat penting bagi pembentukan ideologi bangsa Indonesia oleh Presiden Soekarno (Bung Karno).

“Ende adalah tempat digalinya dan dikristalkannya Pancasila, dasar negeri kita ini, oleh Bung Karno,” kata Menko Mahfud saat menjadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila, di Bumi Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur, Kamis (1/6).

Menurutnya, Bung Karno di Ende mempertemukan ide-ide dunia yang sangat luas dengan ide-ide lokal pedesaan, dalam satu ramuan Pancasila.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende, juga dihadiri oleh Wakil Gubernur NTT Joe Nae Soi, Sesmenko Polhukam, Dirjen IKP Kemenkominfo, Forkopimda dan ratusan masyarakat Ende yang antusias mengikuti upacara dengan mengenakan pakaian adat.

Di hadapan peserta upacara, Menko menyampaikan bahwa Ende sebagai Heritage atau warisan dari Bung Karno dan tempat ditemukannya ide yang spektakuler, tempat penuh sejarah, maka perlu ditegaskan kembali agar dunia tahu kalau inilah tempatnya. Untuk itu ada usul yang akan ia bawa ke Jakarta untuk diajukan ke pemerintah pusat, untuk membangun museum Bung Karno sekaligus diorama di Ende.

Mahfud yang juga mantan Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini menjelaskan, sejarah telah membuktikan dengan berpegang teguh pada Pancasila dan dengan gotong royong bangsa Indonesia mampu menyelesaikan berbagai tantangan di masa lalu. Begitu pun di masa yang akan datang.

“Semangat ini perlu kita tingkatkan dan laksanakan. Mari kita letakkan kepentingan pribadi untuk kepentingan institusi, kepentingan bersama. Mari kita hormati perbedaan dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara,” pungkas Mahfud.

REKOMENDASI :

BERITA TERBARU

TERPOPULER