AS Hikam Nilai Jokowi Lebih Santai di Debat Keempat

Inisiatifnews – Akademisi dari President University, Muhammad AS Hikam menilai bahwa dalam debat keempat Pilpres nanti, Joko Widodo akan lebih santai.

Hal ini dinilainya, bahwa materi yang akan dijadikan bahan elaborasi, Capres nomor urut 01 lebih menguasai materi.

Bacaan Lainnya

“Menurut hemat saya Capres 01 akan tampil lebih santai karena tema-tema tersebut sudah lebih familiar. Dan petahana juga akan mudah menunjukkan berbagai sukses seperti penanggulangan radikalisme dan terorisme, penguatan kemitraan dan kerjasama internasional, dan penguatan sistem pertahanan,” kata AS Hikam dalam keterangannya, Kamis (28/3/2019).

Sementara untuk pihak Capres 02, pengamat politik senior itu menilai akan menggunakan argumentasi yang sejenis.

“Namun Capres 02 juga akan menerapkan strategi argumen yang sama, tetap mengusung isu nasionalisme, kemandirian menghadapi kekuatan asing, masih belum terjaminnya kesejahteraan TNI, dan posisi Indonesia dalam percaturan konflik global,” terangnya.

Namun demikian, AS Hikam menilai debat keempat ini masih akan berkutik dalam ranah pencitraan semata.

“Debat ke 4 masih akan menjadi arena pencitraan dan upaya merebut simpati bagi para swing voters, khususnya milenial,” ujarnya.

Pun demikian, ia masih tetap berharap apa yang dihasilkan dari debat keempat bisa semakin memantapkan loyalis pemilih masing-masing.

“Namun saya kira debat capres ini juga tidak akan mampu merubah loyalitas dukungan para calon pemilih terhadap masing-masing paslon, yang menurut survei-survei telah mencapai angka 80%,” tutupnya.

[NOE]

Temukan kami di Google News.

Pos terkait