Transjakarta Doyan Kecelakaan, GP Ansor DKI Minta Direksinya Dievaluasi

Bus Transjakarta
Bus Transjakarta kecelakaan di depan PGC.

Jakarta, Inisiatifnews.com – Wakil Ketua Gerakan Pemuda Ansor DKI Jakarta, Sulton Mu’minah menyayangkan rajinnya bus Transjakarta yang mengalami kecelakaan. Apalagi insiden tersebut sampai merenggut nyawa orang.

Terlebih lagi, bus Transjakarta adalah salah satu moda transportasi publik kebanggan warga Ibukota.

Bacaan Lainnya

“GP Ansor DKI Jakarta sangat kecewa melihat hal tersebut,” kata Sulton kepada Inisiatifnews.com, Jumat (10/12).

Menurutnya, ada kesalahan sistemik di balik insiden kecelakaan yang sering dialami oleh bus Transjakarta. Hal ini melihat bus tersebut memiliki jalur khusus. Sehingga aneh ketika justru sering mengalami kecelakaan.

“Transjakarta ini sudah punya jalur sendiri, pintu keluar masuk sendiri, bahkan pintunya dijaga pegawai, kalau begitu yang salah ya ada di dalam sistem operasional dan SOP-nya, bukan di perangkat jalannya,” tandas Sulton.

Oleh karena itu, mantan Ketua GP Ansor Jakarta Selatan ini mendesak kepada Gubernur DKI Jakarta agar segera mengevaluasi secara menyeluruh terhadap direksi di PT Transjakarta.

“Kami mengharapkan Gubernur Pak Anies segera mengevaluasi kinerja daripada direksi Transjakarta, kalau tidak mumpuni jangan segan-segan diganti saja,” tegasnya.

Lebih lanjut, Sulton menyampaikan bahwa Transjakarta adalah salah satu ikon Jakarta saat ini. Baik buruknya bisa menjadi tolok ukur bagi masyarakat luas terhadap kualitas moda transportasi publik tersebut yang berdampak ada marwah dan citra DKI Jakarta sebagai daerah istimewa di Indonesia.

Sehingga ia berharap kecelakaan demi kecelakaan bus Transjakarta tidak lagi terjadi.

“Transjakarta ini merupakan wajah dari transformasi transportasi Ibukota, sebagai pioneer revolusi transportasi yang pak Gubernur sering bilang, jadi tolong lah yang serius dalam kinerjanya, supaya warga DKI merasa aman dan nyaman naik transportasi umum,” pungkasnya.

Pos terkait