Sampoerna Bantah Dukung Prabowo-Gibran, Elvira Lianita : Tidak Memihak

Elvira Lianita
Direktur PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk, Elvira Lianita.

JAKARTA, Inisiatifnews.com – Perusahaan tembakau asal Surabaya, PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP), merespons pernyataan yang disampaikan oleh konglomerat Garibaldi Thohir atau Boy Thohir yang menyebut sejumlah perusahaan besar termasuk grup Djarum siap mendukung pasangan calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024.

Hal ini seperti dikatakan oleh Direktur PT HM Sampoerna Tbk, Elvira Lianita. Ia menegaskan bahwa pihaknya bersikap netral pada penyelenggaraan pesta demokrasi yang akan berlangsung tahun ini.

Bacaan Lainnya

“Sehubungan dengan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, Sampoerna bersikap netral dan tidak memihak pada paslon tertentu. Kami menghormati semua paslon berikut visi misinya,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (24/1).

Ia menjelaskan, perseroan merupakan perusahaan tembakau yang mayoritas sahamnya secara tidak langsung dimiliki oleh Philip Morris International sejak tahun 2005 dan merupakan entitas yang berbeda dengan Sampoerna Strategic Group.

“Sampoerna mendukung prinsip-prinsip demokrasi serta berkomitmen menerapkan tata kelola perusahaan yang baik. Sampoerna mengikuti prinsip Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” ungkapnya.

“Dengan demikian, perusahaan tidak akan memaksa karyawan untuk memilih paslon tertentu,” imbuhnya.

Sebelumnya, konglomerat Garibaldi Thohir atau Boy Thohir menyebut bahwa para pengusaha mendukung pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Boy dalam acara Relawan Erick Thohir Alumni Amerika Serikat di Plaza Senayan, Jakarta, Senin (22/1) malam.

Dalam acara tersebut, Boy Thohir menyebut sepertiga penyumbang perekonomian Indonesia siap membantu memenangkan pasangan calon presiden nomor urut dua. Menurutnya, banyak pengusaha kakap siap membantu memenangkan Prabowo-Gibran dalam Pilpres tahun ini.

“Mulai dari Djarum Grup, Sampoerna Grup, Adaro Grup, siapa lagi, pokoknya grup-grup semua ada di sini,” ungkapnya dikutip Rabu (24/1).

Bahkan, Boy Thohir mengungkapkan bakal siap memenangkan Prabowo-Gibran sekali putaran.

“Terima kasih atas kehadirannya, luar biasa ini membuat semangat kita untuk tadi, sekali putaran,” katanya.

Temukan kami di Google News.

Pos terkait