APNI Dapat Dukungan DPR Perjuangkan Nasib Penambang Nikel Lokal

  • Whatsapp
APNI dan DPR RI
Sekjen DPP APNI, Meidy Katrin saat berdialog dengan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah dan Maruarar Sirait di DPR RI Senayan. [foto : Istimewa]

Inisiatifnews – Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo telah menerima kunjungan para pengusaha penambang nasional yang tergabung dalam Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI).

Politisi yang karib disapa Bamsoet itu pun didampingi oleh Wakilnya yakni Fahri Hamzah serta Maruarar Sirait, Misbakhun dan anggota DPR lainnya saat menerima perwakilan dari para pelaku tambang lokal itu.

Bacaan Lainnya

Usai mendengar keluhan yang disampaikan para penambang yang diwakili sekjen APNI Meidy Katrin, Ketua DPR Bambang berjanji akan meneruskan keluhan APNI ke Komisi VII DPR dalam hal ketidakadilan dan ke Komisi XI dalam hal potensi kehilangan pendapatan negara.

“DPR komitmen untuk memperjuangkan keluhan dari pelaku pertambangan nasional,” ungkap Bambang, Kamis (29/8/2017).

Sementara politisi PDIP Maruarar Sirait, mengingatkan APNI agar membawa data yang terukur dan lengkap. Dalam laporan itu pun harus benar-benar faktual dan tidak hanya berisi tuduhan belaka.

Bila sudah lengkap, dengan meminta izin kepada Bambang, Maruarar mengusulkan ada pertemuan kedua. Bambang dan APNI pun setuju pertemuan kedua dilaksakan pada Senin sore pekan depan.

Maruarar, yang dikenal sebagai orang dekat Jokowi itu, mengatakan, bahwa Jokowi sangat komitmen untuk memajukan pengusaha nasional. Karena itu, keputusan para menteri, khususnya dalam hal ini ESDM dan Perindustrian, harus dalam langgam dan irama yang sama.

“Pak Jokowi sangat komit dalam memajukan pengusaha nasional,” ungkap Ara, demikian ia disapa, yang juga Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP).

Sedangkan Misbakhun, ia menyatakan siap mambawa persoalan ini ke Komisi XI. Apalagi bila memang ada potensi kehilangan penerimaan negara dari ekspor ore bijih nikel.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang memiliki agenda bersama dengan Ketua DPR mengatakan bahwa ia sudah mengetahui persoalan ini culup lama.

Ia pun memastikan akan menyerap aspirasi APNI.

Mendapat respon yang baik dari pimpinan dan anggota DPR, Meidy Katrin mengaku sangat senang dengan pertemuan ini. Menurutya, Bambang sangat responsif dan cepat dalam menanggapi surat APNI. Dalam sehari surat dilayangkan, Ketua DPR langsung menerima.

“Terima kasih kepada Ketua DPR yang telah menerima kami dengan baik dan menerima keluhan kami. Kami juga sangat senang sebab ada Pak Ara yang komitmen ikut berjuang bersama kami demi kepentingan nasional,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan pelaku penambangan, Merry. Masukan dari Bambang dan Maruarar untuk membuat laporan dan data yang lebih terstruktur akan digarapnya dan segera dilaporkan kembali.

“Kami tambah yakin dengan perjuangan kami,” demikian Merry. []

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait